Widyawisata Lingkungan Hidup dan Kehutanan B2P2EHD Siap Menjadi Bagian Destinasi Wisata di Kota Samarinda

B2P2EHD(Samarinda,13/7/2017)_Kehadiran Widyawisata Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang di launching oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) pada pertengahan Mei 2017 yang lalu memberikan dampak yang sangat baik dalam dunia pariwisata di Kota Samarinda.

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”19″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_slideshow” gallery_width=”300″ gallery_height=”200″ cycle_effect=”fade” cycle_interval=”2″ show_thumbnail_link=”0″ thumbnail_link_text=”[Show thumbnails]” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″]Hal ini terlihat dari antusiasme Pemerintah Kota Samarinda, dalam hal ini Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Samarinda yang kembali untuk kedua kalinya mengunjungi Kawasan Widyawisata LHK B2P2EHD.

Menurut Ir. Hj. Nina Juliaty, MP., Kepala Bidang Data, Informasi dan Kerjasama B2P2EHD, dengan adanya kunjungan langsung dari Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda kali ini, semoga dapat terjalin kerjasama yang baik dalam hal pembangunan destinasi wisata edukasi bernuansa lingkungan hidup dan kehutanan di tengah Kota Samarinda. “Kami siap bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Samarinda untuk mewujudkan hal tersebut.”  Kata Nina.

Nina menambahkan dengan adanya kerjasama Widyawisata LHK ini juga dapat memberikan variasi destinasi wisata yang ada di Kota Samarinda. Menurutnya wisata di Kota Samarinda sekarang tidak harus selalu ke pusat perbelanjaan tetapi kembali ke alam juga akan menjadi salah satu pilihan menarik untuk dapat di eksplorasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Samarinda, H. Muhammad Faisal, S.Sos., MSi., mengatakan tidak menutup kemungkinan untuk dapat dilakukan kerjasama antara B2P2EHD dan Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam membangun destinasi wisata ini.

“B2P2EHD silahkan menyiapkan dalam materinya, kami dari Dinas Pariwisata Kota Samarinda akan membantu dalam bidang kepariwisataannya.” Kata Faisal.

Menurut Faisal semua aspek dalam membuat destinasi wisata harus lengkap, mulai dari sarana dan prasarana, promosi, Fasilitas Kebersihan serta tidak lupa apa yang menjadi keunggulan dari destinasi tersebut.

Faisal mengatakan jangan sampai nanti masyarakat yang melakukan kunjungan ke widyawisata LHK ini tidak puas karena ada beberapa fasilitas maupun materi yang kurang lengkap atau bahkan tidak ada. “contohnya kalau tidak ada fasilitas penunjuk arah, tempat sampah sampai toilet, bisa jadi membuat pengunjung tidak nyaman.” Tambah Faisal.

Dalam kunjungannya ini, Faisal juga melakukan penanaman pohon Tengkawang di Arboretum Sempaja. Faisal mengatakan akan membuat review dan nanti dilaporkan kepada Bapak Walikota Samarinda, H. Syaharie Ja’ang, agar dapat diperoleh arahan bentuk pengelolaan kedapannya nanti. Menurut Faisal, jika di lihat dari potensi dan fasilitas yang ada, maka Widyawisata LHK B2P2EHD layak untuk dijadikan salah satu destinasi wisata yang ada di Kota Samarinda.

“Semoga kunjungan kami berikutnya dapat diikuti oleh Bapak Walikota Samarinda dan jajarannya agar tujuan menjadikan Widyawisata LHK B2P2EHD ini menjadi Destinasi Wisata Edukasi di Kota Samarinda dapat terwujud” ujar Faisal.

Kunjungan Tim Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Samarinda ini di ikuti sekitar 50 orang terdiri yang terdiri dari Kepala Dinas Pariwisata beserta jajarannya, Humas Pemerintah Kota Samarinda, Mahasiswa Kuliah Kerja Praktek dari Universitas Mulawarman Samarinda serta Awak Media.

Awak media yang turut hadir diantaranya adalah Samarinda TV, Trans TV, Metro TV, RCTI, Koran Kaltim, kliksamarinda.com, Samarinda Pos dan MNC Group.

Urutan kunjungan Widyawisata LHK B2P2EHD ini diawali dari Dipta Grha lalu dilanjutkan ke pemberian informasi hasil penelitian dan pengembangan di laboratorium Teknologi Hasil Hutan, laboratorium hama dan konservasi hutan, selanjutnya peserta mengunjungi Perpustakaan.

Setelah dari Perpustakaan, peserta mengunjungi Kebun Pangkas tanaman Meranti dan Green House lalu menuju ke Arboretum. Di Arboretum, Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Samarinda melakukan penanaman pohon dengan jenis Tengkawang di sisi tangga masuk Arboretum, pada papan informasi pohon tersebut juga telah disematkan QR Code. Widyawisata LHK B2P2EHD diakhiri dengan jamuan makanan dan minuman ringan di areal persemaian B2P2EHD dengan pemberian informasi tentang persemaian B2P2EHD.. **MSC

%d blogger menyukai ini: