Penutupan Praktek Kerja Lapangan SMK Kehutanan Samarinda di KHDTK Labanan

B2P2EHD (Berau,26/4/2016)_Sebanyak 67 Siswa/siswi kelas satu (SMKK) Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Samarinda hadir pada acara penutupan Praktek Kerja Lapangan di Kantor Penghubung KHDTK (Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus) Labanan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

“Praktek ini adalah awal siswa kelas satu untuk mengenal hutan, mulai dari bagaimana caranya menanam, mengukur dan memanen” ujar Dr. Hj. Maryati, Kepala Sekolah SMKK Samarinda pada acara penutupan praktek kerja tersebut. Maryati menambahkan pada praktek kerja ini diajari bagaimana cara membuat peta yang datanya dihimpun dari lapangan (hutan). “

“Siswa/siswi kelas satu kedepannya akan menjadi sumberdaya manusia yang handal dilapangan yang diperoleh dari hasil praktek tersebut, akan tetapi selain handal siswa/siswi juga harus selalu ingat kepada Tuhan dengan tidak melupakan ibadah” tambah Maryati.

Maryati juga menyampaikan banyak terima kasih kepada Kepala B2P2EHD (Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa), instruktur dan pendamping atas perkenaannya menerima siswa/siswi untuk prektek kerja di KHDTK Labanan. “Kami juga mohon maaf apabila siswa/siswi selama praktek kerja di KHDTK Labanan ada yang kurang berkenan dan akan diupayakan perbaikan-perbaikan kedepannya” kata Maryati.

Ditempat yang sama Kepala B2P2EHD, Ir. Ahmad Saerozi, mengatakan bahwa praktek kerja ini selain dapat meningkatkan kemampuan tentang kehutanan, praktek ini dapat meningkatkan jiwa kebersamaan. “praktek ini adalah awal membangun korsa rimbawan, susah senang dilewati bersama dan akan terus teringat sampai nanti kalian telah menjadi orang yang sukses” kata Saerozi.

“Ada 5 hal yang harus diingat, yaitu Tuhan, Orang Tua, Guru, Keluarga dan Teman, dalam hidup tidak boleh saling menjatuhkan dan harus saling bahu membahu dalam segala hal, pantang menyerah adalah kunci suksesnya dan berserah diri kepada Tuhan atas segala usaha yang telah dilakukan” tambah Saerozi yang juga menjabat sebagai Dewan Pembina IKA SKMA (Ikatan Keluarga Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas) se Kalimantan Timur.

Praktek kerja ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh SMKK Samarinda, dimulai pada tanggal 31 Maret 2016 dan berakhir pada tanggal 27 April 2016. Jumlah siswa/siswi yang mengikuti praktek berjumlah 67 orang. Selama praktek siswa/siswi mendirikan camp didalam KHDTK Labanan. **KUS/MSC

%d blogger menyukai ini: