Training Kesiapan Pembangunan Plot Sample Permanen (PSP) Dan Pengukuran Karbon Hutan Untuk Skema FCPF Carbon Fund

B2P2EHD (Samarinda, 24/10/2017)_ Pelaksanaan Pelatihan Pembangunan Plot Sample (PSP) dan Pengukuran Karbon Hutan di Kalimantan Timur pada tahun 2017, merupakan kelanjutan kegiatan tahun 2016. Namun demikian, pelaksanaan kegiatan tahun ini akan dilakukan pada beberapa lokasi baru serta melibatkan beberapa instansi tambahan  atau personel yang berbeda dibandingkan tahun 2016. Oleh karena itu diperlukan pelatihan untuk penguatan kapasitas bagi pihak-pihak yang belum mengikuti pelatihan pada tahun sebelumnya serta para ketua tim,  mengenai pembangunan PSP, pengukuran dan penghitungan karbon hutan secara menyeluruh, konsisten dan sistematis.Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 16-17 Oktober 2017 dengan jumlah peserta 40 orang  bertempat di Hotel Aston Samarinda.

 

Sambutan Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa  yang diwakili oleh Kepala Bidang DIK pada acara pembukaan pelatihan mengatakan menyambut baik  dengan diadakannya Pelatihan Pembangunan PSP ini, karena PSP merupakan salah satu kegiatan dalam program Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang kandungan karbon pada berbagai fungsi tipe tutupan lahan hutan di Indonesia.

 

Propinsi Kalimantan Timur dipilih sebagai lokasi pembuatan PSP karena Kaltim telah melaksanakan skema Carbon Fund.  Beberapa inisiatif telah dilakukan di beberapa Kabupaten terkait Pembangunan PSP, seperti TNC di Berau, WWF di Mahakam Ulu, GIZ di Kutai Barat. Sedangkan Pembangunan PSP untuk pemantauan karbon hutan akan dilakukan di berbagai tipe ekosistem hutan dan penggunaan lahan di Provinsi Kalimantan Timur yang masih memerlukan informasi dan data stok karbon. Pada tahun 2016 telah dilakukan Pembangunan PSP sebanyak 159 di 8 Kabupaten/Kota pada tahun 2017 ini di rencanakan akan membangun 160 PSP tambahan dengan melibatkan berbagai Instansi. Pemahaman yang menyeluruh mengenai definisi dan metode pengukuran karbon di pelaksanaan Pembangunan PSP, Pengukuran dan Pemantauan karbon hutan di Provinsi Kalimantan Timur.

 

 

Kegiatan Pelatihan dilaksanakan dengan kerjasama antara Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD), kegiatan pelatihan  diisi dengan materi Pengenalan tentang FCPF, pemahaman tentang system MRV perhitungan karbon, pembangunan PSP, pengukuran karbon, dan aplikasi database pemantauan karbon hutan. Sementara itu Koordinator Lapangan Pembuatan PSP adalah  Rahimahyuni Noor’an, S.Si, M.Si  Peneliti B2P2EHD/HRA

%d blogger menyukai ini: