Survei data Litbang Pemerintah, salah satu dasar penyusunan kebijakan dan evaluasi IPTEK Nasional

presentasiB2P2EHD (Balikpapan, 16/9/2016)_ “Survei Data Penelitian dan Pengembangan (litbang)Pemerintah sangat diperlukan untuk mengetahui gambaran aktivitas litbang di sektor pemerintah, yang nanti akan diproses menjadi sumber informasi penting bagi penyusunan kebijakan dan evaluasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Nasional.” Kata Nani Grace Simamora dari dari Pusat Data Dokumentasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII LIPI) pada saat memaparkan Konsep dan Definisi Data Iptek Lembaga Litbang, dalam acara workshop teknis pengisian survey data litbang, Balikpapan, 7/9, yang diadakan oleh Pusat Data dan Informasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti)

Grace menambahkan survey ini juga dapat memberikan gambaran sejauh mana Negara berinvestasi dalam kegiatan litbang. “Data yang dihasilkan akan diproses dalam bentuk informasi untuk didapatkan indicator rasio, laju, pertumbuhan dan lainnya yang nanti dapat menjawab isu-isu tertentu dalam pembuatan kebijakan” tegas Grace.

Kegiatan pengisian data survey di pandu secara teknis oleh Probo Herawani dari Kemenristekdikti, secara teknis pengisian data litbang dimulai dari registrasi, lalu mengisi profil dilanjutkan dengan pengisian data litbang. Apabila data yang di isi sudah lengkap dan tidak ada kesalahan, dapat langsung dikirim.

Ada beberapa kendala yang dibahas pada saat pengisian kuesioner tersebut, diantaranya adalah pemilahan jenis kegiatan yang termasuk litbang dan non litbang. Diantaranya adalah harus mengeluarkan kegiatan diseminasi dari kegiatan litbang, yaitu kegiatan pencetakan dan pameran.

Banyak peserta yang akhirnya melakukan penyimpanan sementara, untuk dapat diselesaikan di minggu depan. Karena perlu berkoordinasi dengan semua komponen yang ada di lembaganya masing-masing.

Herawani menegaskan, data harus dipastikan sudah tepat sebelum dikirim, karena data yang sudah dikirim tidak dapat di perbaiki lagi. “Data dapat diperbaiki apabila ada permintaan perbaikan dari sisi admin untuk keperluan verifikasi” tegas Hera.

Peserta workshop di Balikpapan ini dihadiri lembaga litbang region pulau Kalimantan yang terdiri dari 13 lembaga litbang. Workshop ini merupakan bagian dari roadshow ke-6 yang sebelumnya diadakan di Pulau Jawa dan Sumatera. **MSC

%d blogger menyukai ini: