Peran Statistika Dalam Penelitian Bidang Kehutanan

B2P2EHD (Samarinda, 25/4/2017)_Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) pada hari Jumat, 21/4/2017, bertempat di Gedung Avogadro, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman menyampaikan pentingnya ilmu Statistika dalam kegiatan penelitian  di bidang kehutanan.  Seminar Program Pendidikan Statistika kali ini mengundang B2P2EHD sebagai narasumbernya.

Sri Wahyuningsih, Wakil Dekan Bidang Kemahasiwaan dan Alumni FMIPA Universitas Mulawarman dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa kegiatan seminar ini merupakan kegiatan rutin. Wahyuni juga menyampaikan bahwa selama ini mahasiswa statistika hanya melihat bidang ekonomi dan bisnis dalam pikirannya. “Mereka keluar dan bekerja dalam bidang itu saja.” Kata Sri.

Hari ini saya berharap bahwa mahasiswa statistika akan terbuka wawasannya, bahwa statistika itu tidak melulu masalah ekonomi dan bisnis apalagi BPS. Statistika dapat menjadi tool untuk disiplin ilmu lainnya. Hari ini kami harap Dr. Farida Hery Susanty, Peneliti Madya dari B2P2EHD akan menyampaikan hal ini.

Farida Hery Susanty, peneliti dengan kepakaran Silvikultur di B2P2EHD dalam paparannya menyampaikan bahwa penelitian kehutanan sangat banyak menggunakan tools statistik baik untuk analisis data, baik data kualitatif maupun kuantitatif. Mulai dari kegiatan di persemaian sampai di lapangan dalam hal ini kawasan hutan, statistik itu digunakan.

“Mulai dari rancangan percobaan, perlakuan, pengukuran maupun pendugaan volume pohon.” Tegas Santy.

Ahli biometrika ini, menambahkan bahwa banyak yang bisa jika jelaskan dari angka-angka dimensi yang ada di hutan. Di hutan ada hutan sendiri, orang atau masyarakat, satwa dan lainnya. Semuanya bisa dijelaskan melalui angka-angka. Silahkan kalau adik-adik tertarik, kami siap membantu.

Desi Yuniarti, S.Si, M.Si Ketua program studi matematika Universitas Mulawarman menyampaikan keinginan untuk menjalin kerjasama baik kegiatan penelitian maupun praktek bagi mahasiswa statistik di B2P2EHD.

Pada tahun 2017, B2P2EHD telah memiliki dua puluh kegiatan kerjasama dengan Instansi Pemda, Swasta, NGO, Akademisi serta Lembaga Riset lainnya. B2P2EHD menyambut dengan baik usulan untuk menjalin kerjasama yang ditawarkan oleh Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman

Acara ditutup dan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari Ketua Jurusan Matematika kepada Dr. Farida Herry Susanty. *KHA

%d blogger menyukai ini: