Sinergitas Pengelolaan KHDTK/HPP & Pengelolaan Laboratorium Lingkup B2P2EHD

B2P2EHD (Samarinda, 22/12/2016)_Seksi Kerjasama, KHDTK dan Pengembangan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Eksistem Hutan Dipterokarpa (KKP B2P2EHD) mengadakan rapat Sinergitas Pengelolaan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus/Hutan Penelitian dan Pendidikan (KHDTK/HPP) serta Laboratorium pada hari selasa, 20/12 yang lalu di ruang rapat B2P2EHD Samarinda.

Rapat dibuka dan dipimpin oleh Ir. Nina Juliaty, MP selaku Kepala Bidang Data, Informasi dan Kerjasama (DIK). Dalam sambutannya Nina mengatakan, pengelolaan KHDTK/HPP dan Laboratorium saat ini berada di seksi Kerjasama, KHDTK dan Pengembangan untuk itu perlu disampaikan progress kegiatan yang telah berjalan dan rencana ke depan pengelolaannya.

Nina menyampaikan bahwa pada pelaksanaan Seminar Laporan Pelaksanaan Kegiatan non Penelitian tahun 2016 yang lalu, terdapat beberapa permasalahan terutama terkait dengan pengelolaan laboratorium di B2P2EHD. “Kami sebagai pengelola akan berusaha mengefektifkan kembali dengan membuat dan mengatur kebutuhan alokasi anggaran laboratorium di tahun 2017 dan juga 2018” kata Nina.

Saat ini ada 4 (empat) Laboratorium di B2P2EHD, yaitu Laboratorium Hama dan Penyakit, Hasil Hutan, Silvikultur dan Tanah akan tetapi ke empat laboratorium tersebut sudah tidak mampu memenuhi kegiatan penelitian yang ada karena kondisi peralatan dan bangunan yang telah rusak.

Ir. Ngatiman, MP, Peneliti Madya B2P2EHD mengatakan “saat ini Laboratorium mati suri karena beberapa lemari penyimpanan sudah keropos. AC dan peralatan listrik juga sudah rusak, perlu ada perlu banyak perbenahan yang dilakukan disana”

Hal yang sama juga diutarakan oleh Deddy Dwi Nurcahyono, S.Hut, Peneliti B2P2EHD, selaku pengelola Laboratorium Silvikultur. Sementara itu Ir. Abdurachman, MP, Peneliti Madya B2P2EHD mengungkapkan, selain peralatan yang dibenahi, diperlukan juga tenaga honor untuk membantu di laboratorium.

Nina berharap dengan perencanaan dan dukungan anggaran yang cukup akan membuat laboratorium yang belum maksimal pemanfaatannya akan segera teratasi.

Lebih lanjut, dari sisi pengelolaan KHDTK/HPP, Nina mengatakan dalam rapat ini akan diinventarisasi kegiatan yang ada di KHDTK/HPP B2P2EHD. “Kami ingin memetakan plot yang ada di kawasan KHDTK, karena salah satu kendala yang dihadapi adalah lost data titik2 plot penelitian” tambah Nina.

“Kami ingin bertanya terutama kepada Peneliti terkait, kapan berakhirnya kegiatan di KHDTK, jika berkelanjutan maka siapa yang melanjutkan, ini kaitannya dengan pemeliharaan dan data pengukuran sehingga dialokasikan dari dana pengelolaan KHDTK” tegas Nina.

Sementara itu, Khuswantoro Akhadi, S.Hut., MAP, Kepala Seksi Kerjasama, KHDTK dan Pengembangan B2P2EHD menjabarkan Gambaran terkait progress kegiatan KHDTK/HPP, agenda kedepan, pengelolaan KHDTK/HPP dan pengelolaan lab sesuai dengan dengan P.19/MenLHK/Sekjend/OTL.01/1/2016 yang baru dan tupoksi seksi KKP.

Rapat Sinergitas Pengelolaan KHDTK/HPP & Pengelolaan Laboratorium Lingkup B2P2EHD ini dihadiri oleh Pegawai B2P2EHD, Peneliti lingkup B2P2EHD, Pejabat Struktural dan Pengelola Barang Milik Negara (BMN). #MSC

%d blogger menyukai ini: