Persemaian

 

Lokasi Persemaian Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa terletak di belakang Kantor Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa, dengan luas ± 3.479,34 m² .

Persemaian merupakan bagian dari arboretum yang dibangun pada tahun 1986. yang terdiri dari bedeng semai, kantor persemaian, greenhouse (rumah kaca), dan areal kebun pangkas. Jenis tanaman yang terdapat di persemaian diantaranya: Meranti Merah (S. leprosula, S.smithianan, S. selanica), Kapur (Dryobalanops lanceolata), Kahoi/ Balangeran Shorea balangeran) dan berbagai jenis tanaman dipterokarpa lainnya.

 

KEGIATAN PERSEMAIAN

Studi Banding

Dalam rangka penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) persemaian dan penyelenggaraan penggelolaan persemaian, perlu dilakukan kegiatan studi banding ke institusi/lembaga/perusahaan yang telah melaksanakan Pengembangan IPTEK Bidang Tematik Daerah (Persemaian) tertata rapi (dengan penilaian standar mutu baik) Sehingga dapat di aplikasikan di lapangan. Hal ini penting dilakukan agar kegiatan Pengembangan IPTEK Bidang Tematik Daerah (Persemaian) dapat lebih baik dan sasaran yang diinginkan dapat terujud.

 
Pengelolaan Persemaian
  1. Pengelolaan Persemaian secara optimal.
  2. Penataan dan Pemanfaatan Rumah Kaca / Greenhouse
  3. Pemeliharaan dan Perawatan bibit (seleksi dan mutasi) dan produksi di persemaian dan rumah kaca.
 
Pelaporan

Untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan kegiatan Pengembangan IPTEK Bidang Tematik Daerah (Persemaian) Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa yang telah dilaksanakan selama tahun anggaran 2018, perlu dilakukan pembuatan Laporan Hasil Pengembangan IPTEK Bidang Tematik Daerah (Persemaian). Laporan Hasil Pengembangan IPTEK Bidang Tematik Daerah (Persemaian) ini akan berisi latar belakang, maksud dan tujuan, sasaran, luaran, organisasi pelaksana, hasil kegiatan, tata waktu dan realisasi anggaran.