Pustakawan B2P2EHD Masuk 10 Besar Lomba Pustakawan Berprestasi Tingkat Propinsi Kaltim

B2P2EHD (Samarinda, 16/6/2016)_Pada tanggal 14- 15 Juni 2016, Pustakawan B2P2EHD (Maria Anna Raheni) mengikuti seleksi Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Prop. Kaltim di Kantor Badan Perpustakaan Daerah Prop. Kaltim. Pada seleksi tertulis dan wawancara tersebut, Anna masuk sebagai salah satu dari 10 besar Pustakawan terbaik tingkat Propinsi Kalimantan Timur.

Lomba ini diikuti oleh 35 pustakawan dari berbagai instansi, sekolah dan UPT Perguruan Tinggi yang berkantor di Propinsi Kalimantan Timur. Lomba ini diadakan selama 2 hari, tes tertulis dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Juni 2016 pukul 9.00- 12.00 WITa, sedangkan bagi 10 besar yang lolos seleksi tertulis akan mengikuti tes wawancara pada hari Rabu, 15 Juni 2016. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada bulan Juli mendatang di tempat yang sama.
Acara Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Prov. Ini dibuka oleh Ibu Dra. Hj. Ardiningsih, M.Si selaku Kepala Badan Perpustakaan Propinsi Kalimantan Timur, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa seorang pustakawan harus profesional dan menerapkan kode etik kepustakawanan. Pustakawan sebagai tenaga fungsional tertentu diharapkan dapat lebih mandiri dalam bekerja sehingga tidak lagi ada alasan seorang pustakawan kesulitan untuk naik pangkat karena tidak mampu mengumpulkan angka kredit.
Lomba ini diadakan rutin setiap tahun untuk memacu para pustakawan agar dapat meningkatkan kompetensi dan mengembangkan profesionalismenya secara sistematis dan berkelanjutan. Pemilihan Pustakawan Berprestasi terbaik akan dilakukan berjenjang, mulai dari pemilihan pada tingkat Daerah/ Propinsi, selanjutnya pemilihan pada tingkat Nasional sampai dengan persiapan kompetensi Tingkat Regional Asia Tenggara seperti Congress of Southeast Asian Librarians (CONSAL)
Adapun tujuan dari pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Prop. Kaltim Tahun 2016 adalah untuk memberikan penghargaan kepada pustakawan yang berprestasi terbaik, mengembangkan profesionalisme Pustakawan Indonesia, meningkatkan motivasi, inovasi dan etos kerja Pustakawan, menambah dan berbagi pengetahuan, keterampilan dan wawasan diantara peserta, mendorong terjalinnya kerjasama jasa informasi perpustakaan yang kuat diantara peserta serta untuk mewujudkan citra pustakawan sebagai profesi yang dapat dibanggakan dilingkup Propinsi, Nasional dan internasional.
Penulis: Maria Anna Raheni, S.Sos à Pustakawan Muda pada B2P2EHD Samarinda

%d blogger menyukai ini: