PRESENTASI DAN PENUTUPAN KEGIATAN PKTBT TAHUN 2021

Pada hari Jum’at 19 Maret 2021 telah dilaksanakan acara Presentasi dan Penutupan Kegiatan PKTBT Lingkup Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa Tahun 2021 oleh Tiga Calon Pegawai Negeri Sipil , yaitu  Deby Mipa Salam, S.Pd., M.Si, Ratri Mari’fatun Nisaa, S.Si dan Aulia Nur Laksmita, S.Hut, M.Sc

Penyelenggaraan Kegiatan Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT)  adalah merupakan bagian dari kurikulum  Pelatihan Dasar CPNS, Tujuan pelaksanaan keiatan tersebut adalah untuk mencapai kompetensi teknis  administrasi dan teknis substansi   melalui pelatihan di instansi Pemerintah Asal CPNS  untuk formasi tahun 2021.  Pelaksanaa PKTBT dimulai dari tanggal 18 Pebruari s/d 19 Maret 2021 bertempat di Kantor Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa, pelaksanaan PKTBT sesuai dengan Peraturan Kepala LAN Nomor 1/2021, tentang Pelatian Dasar CPNS. Pelatihan ini merupakan sebuah pondasi dasar untuk pengembangan karir bagi CPNS. Dalam pelatihan PKTBT  materi yang diajarkan berhubungan dengan 1. Pengelolaan Kepegawaian,Tata Naskah Kedinasan,Pengelolaan Keuangan,Pengelolaan BMN, Tugas dan Fungsi  Jabatan Peserta  serta Tugas dan Fungsi  Organisasi, dari semua materi yang diajarkan oleh pengampuh atau pendamping telah dipresentasikan dengan baik oleh ketiga (CPNS)  Calon Pegawai Negri Sipil.

PKTBT ( Penguatan Kompetensi Bidang Tugas) ditutup secara resmi oleh Plt. Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Diptokarpa Bapak Sujarwo Sujatmoko, dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal kepada CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Bahwa sebagai CPNS terutama Peneliti tidak cukup hanya berbekal teknis substansi  saja, tetapi juga membutuhkan bekal teknis Administratif (Manajerial) dan pengetahuan tentang administrative (menejerial) juga sangat penting.

Didalam kegiatan penelitian nanti akan ada suatu TIM yang namnya Tim Peneliti, didalam Tim Penelitian akan banyak sekali kegiatan yang mengharuskan berintraksi satu sama lainnya untuk menghasilkan out put tertentu disini dtuntu suatu kompetensi manaajerial yang baik. Sebagai Peneliti nantinya dalam membuat judul penelitian harus dicari judul kegiatan yang bisa mendukung kegiatan KLHK dan kegiatan penelitian harus mengacu ke rencana yang lebih makro serta mendukung rencana Iptek Nasional.(Khai)