Praktek Lapangan membuat Plot Sample Permanen (PSP) untuk Database Monitoring Karbon Hutan Indonesia area Kalimantan Timur

B2P2EHD (Samarinda, 11/8/2016)_ Salah satu kegiatan Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) – P3SEKPI adalah Pembuatan Plot Sample Permanen (PSP). Pembuatan PSP ini adalah bentuk dukungan pelaksanaan skema Carbon Fund yang akan diimplementasikan di Kalimantan Timur.

Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) bekerjasama dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) saat ini bekerjasama dalam pelatihan pembuatan PSP tersebut, salah satu kegiatan pelatihan adalah praktek lapangan pembuatan PSP yang dilaksanakan di Arboretum B2P2EHD pada hari Jumat, 29/7.

“Untuk meningkatkan pengetahuan tentang teknik pengumpulan data dan peningkatan keterampilan tim pembuatan PSP, perlu dilakukan simulasi dalam bentuk praktek lapangan agar data yang diperoleh dilapangan nanti menjadi valid dan dapat dipertanggungjawabkan” kata Rahimahyuni Fatmi Noor’an, S.Hut., MSi, Peneliti B2P2EHD yang ditemui di kantor B2P2EHD, 10/8.

Fatmi mengatakan bahwa hasil praktek ini akan sangat bermanfaat sebagai bekal aplikasi di lapangan nanti. “Lokasi yang akan didatangi untuk pengambilan data sangat beragam karena terletak di beberapa wilayah di Kaltim, pelatihan ini sangat penting agar tidak terjadi kesalahan pada saat pengambilan data di lapangan nanti” tambah Fatmi.

“Rencana ada 12 (dua belas) lokasi pengambilan data nantinya, semua lokasi tersebut berada di Kalimantan Timur dan penentuan lokasi berdasarkan tutupan lahan Propinsi Kalimantan Timur, setelah sebelumnya didiskusikan bersama Dewan Daerah Pengendalian Iklim Kaltim dan Tim MRV Propinsi Kaltim” kata Fatmi

Praktek lapangan diikuti peserta yang berjumlah 30 orang dan merupakan gabungan dari beberapa instansi yang ada di Kalimantan Timur, diantaranya adalah Balitek KSDA Samboja, BKSDA Kaltim, Taman Nasional Kutai, Universitas Mulawarman, Dewan Daerah Perubahan Iklim Kaltim, UPTD PPA Dinas Kehutanan Kaltim, Badan Pengelola Hutan Lindung Sungai Wain, KPHP Delta Mahakam, KPHP Berau Barat dan KPHP Belayan.

Pada prakteknya, perserta dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing kelompok memiliki 1 mentor dan 1 asisten. Untuk mempraktekan kegiatan pembuatan plot tersebut, masing masing kelompok membuat plot berukuran 20x20m lalu dilanjutkan dengan membuat sub plot untuk pengambilan dan pengukuran data di dalam plot tersebut.

Praktek lapangan ini adalah rangkaian akhir dari program pelatihan pembangunan PSP selama 3 hari yang dua hari sebelumnya dilaksanakan di Hotel Horison Samarinda 27-28/7.

“Puncak pelatihan FCPF-PSP adalah praktek lapangan pembuatan PSP, semoga hasil dari praktek ini akan memberikan keterampilan dalam pengambilan data yang akurat sebagai bahan masukan untuk mengisi Database Monitoring Karbon Hutan Indonesia nantinya” kata Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc, Kepala P3SEKPI, yang menutup kegiatan pelatihan FCPF-PSP di Ruang Rapat Dipta Grha, B2P2EHD Samarinda, 29/7. **MSC

Sumber Foto : Muhamad Sahri Chair (B2P2EHD) & Iqbal (P3SEKPI)

%d blogger menyukai ini: