PENILAIAN PEMULIHAN TEGAKAN HUTAN ALAM PRODUKSI

B2P2EHD (Samarinda, 22-5-2019). Pada tanggal 21 Mei 2019 Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan topik :  “FORMULASI & TEKNIK PENILAIAN PEMULIHAN TEGAKAN HUTAN ALAM PRODUKSI SETELAH PENEBANGAN”.

Acara dibuka oleh Kepala Balai Besar dan dilanjutkan presentasi  dari 3 narasumber yaitu : Dr. Yulianti selaku Koordinator RPPI (bang) 1, Ir. Roni Saefullah B, M.Si. selaku Kepala Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah XI Samarinda dan Dr. Farida Herry Susanty dari B2P2EHD.  Para peserta yang hadir sekitar 61 orang terdiri dari berbagai stake holder di wilayah propinsi Kalimantan Timur yaitu : UPT KLHK, Universitas Mulawarman, Universitas 17 Agustus, KPH/KPHP, IUPHHK Hutan Alam dan para peneliti. FGD ini diselenggarakan dalam rangka konsultasi publik terhadap draft Policy Brief tentang Penilaian Pemulihan Tegakan Hutan Alam Setelah Penebangan sebagai salah satu output kegiatan penelitian dan pengembangan B2P2EHD samarinda Tahun 2019.

Rumusan penting adalah kesepahaman parameter penting penilaian pemulihan tegakan hutan alam setelah penebangan dan rekomendasi teknis formulasi penilaian pemulihan yang dipersiapkan untuk mendukung Perdirjen P.14/PHPL/2016 dan P.64/PHPL/2014. Perangkat ini dinilai berpotensi untuk digunakan sebagai tools self assesment untuk menilai keterpulihan hutan dan sebagai dasar untuk menentukan tindakan silvikultur yang tepat dalam rangka peningkatan produktivitas hutan alam produksi yang menjadi kebutuhan eselon I PHPL KLHK.

 

 

%d blogger menyukai ini: