Pelatihan Pemanfaatan HHBK Bagi Masyarakat Sekitar IUPHHK PT. UDIT (Kampung Muara Lesan, Panaan dan Merabu – Kec. Kelay)

Kamis, 19 Juli 2018
Di Base Camp PT. UDIT dilaksanakan pelatihan pengolahan HHBK yang diikuti oleh warga desa/kampung Muara Lesan, Panaan dan Merabu. Masing-masing desa/kampung mengirimkan 4 (empat) orang warga untuk mengikuti pelatihan. Pelatihan dilaksanakan atas kerja sama antara B2P2EHD dan PT. UDIT. Pelatihan bertujuan agar warga sekitar wilayah PT. UDIT di Kec. Kelay dapat memanfaatkan HHBK sekitar hutan untuk meningkatkan taraf hidup warga.
 
Ir. Eded Suryadi, MM selaku Kabid DIK B2P2EHD menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan aplikasi hasil riset yang dapat diterapkan pada skala rumah tangga dengan Teknologi Tepat Guna (TTG). Sedangkan Ir. H. Kasransyah (Direktur PT. UDIT) akan siap menjembatani proses transfer teknologi dari B2P2EHD ke warga sekitar wilayah PT. UDIT.
 
Materi pelatihan diisi oleh peneliti B2P2EHD, diawali dengan pemaparan potensi, peluang dan pengolahan produk Pasak Bumi oleh Supartini, S.Hut, M.Sc. sedangkan Andrian F, S.Hut, menjelaskan tentang potensi dan pengolahan produk dari daun Bangkirai, minyak Keruing, Minyak Kapur, dan beberapa produk ekosistem Dipterokarpa lainnya.
 
Setelah pemaparan materi dikakukan praktek pembuatan produk-produk yang telah dijelaskan, yaitu kue bolu Pasak Bumi, Teh Irai dan Nasi Goreng Tangkawang. Seluruh peserta pelatihan dapat mencoba produk menikmati produk yang telah dibuat saat praktek berlangsung.
 
Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti proses pelatihan. Peserta merasa memperoleh ilmu yang baru, bahwa untuk mengolah HHBK dapat menggunakan proses yang sederhana pada skala rumah tangga dan memiliki nilai jual yang tinggi. Proses pelatihan juga menginspirasi warga desa/kampung untuk membuat dan mengembangkan produk HHBK yang akan menjadi ciri khas masing-masing desa/kampung. Diharapkan, taraf hidup warga desa/kampung sekitar hutan dapat meningkat dan hutan tetap lestari. (Andrian, Eded, Supartini)
 
Sumber Foto: Andrian F.

 

%d blogger menyukai ini: