Menteri LHK Mengunjungi Arboretum Sempaja

Pada hari Minggu pagi tanggal 4 April 2021 , B2P2EHD mendapat kehormatan dikunjungi oleh ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Gubernur Kalimantan Timur, Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Deputi Bidang Jemaritiman dan SDA Bappenas, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenkomarves.  Jajaran KLHK yang mendampingi Ibu Menteri antara lain Sekretaris Jenderal KLHK, Inspentur Jenderal KLHK, Kepala BLI, Dirjen PPI/ Plt Dirjen PKTL dan kepala BP2SDM/ Plt Dirjen PDASHL serta para Kepala UPT KLHK di Kaltim.  Rombongan Ibu Menteri mengunjungi Arboretum Sempaja B2P2EHD.
Dalam kunjungan ini, rombongan mendapatkan penjelasan mengenai B2P2EHD, KHDTK yang dikelola, hasil litbang dan publikasi unggulan, serta sejarah, koleksi, dan penamaan Arboretum Sempaja B2P2EHD yang telah ditetapkan oleh walikota Samarinda sebagai salah satu obyek wisata kota Samarinda.
Ibu Menteri LHK menyampaikan kekagumannya dengan koleksi pohon jenis Dipterokarpa yang ada di Arboretum Samarinda, beliau meminta agar Arboretum ini diperbagus dan diupayakan menjadi ikon di kota Samarinda.  Selanjutnya juga disampaikan untuk menjadikan Arboretum Sempaja sebagai salah satu landmark hutan kota di Ibu Kota Negara (IKN) dan penataannya secara terpadu harus dimulai tahun 2021. Peningkatan fungsi dan keindahan danau yang berada di sekutar Arboretum juga penting untuk dilakukan. Selain itu, hasil-hasil litbang dan koleksi jenis khususnya dipterokarpa harus diarahkan untuk mendukung kesuksesan dan penyelesaian permasalahan dalam pembangunan IKN.
Sebelum mengakhiri kunjungan, Menteri LHK dan rombongan berkenan melakukan penanaman pohon di Arboretum.  Ibu Menteri LHK menanam pohon jenis Shorea stenoptera yang semakin menambah koleksi jenis di arboretum.
Kunjungan ke Arboretum Sempaja ini merupakan rangkaian Kunjungan Kerja Menteri LHK selama 2 hari di Kalimantan Timur, dimana pada Sabtu 3 April 2021, Ibu Menteri bersama rombongan telah mengunjungi areal calon ibukota Negara (IKN) yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, untuk melihat kesiapan lahan dalam perspektif LHK yang akan dijadikan lokasi Pusat Gedung Pemerintahan di IKN dan melihat progress pembangunan Persemaian Modern di IKN.
Setelah mengunjungi Arboretum Sempaja, Ibu Menteri bersama rombongan melanjutkan kunjungan ke Pusat Informasi Magrove (PIM) di Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara, untuk melihat kesiapan calon lokasi Pembangunan Persemaian Modern Mangrove Kalimantan Timur.  Lokasi yang dikunjungi berada dalam Kawasan Hutan Pendidikan dan Penelitian Barat Muara Kaeli yang berada dibawah pengelolaan B2P2EHD.