Meningkatkan pengetahuan tentang Karbon, P3SEKPI dan B2P2EHD bekerjasama dalam Pelatihan Pembangunan Plot Sample Permanen (PSP) dan Pengukuran Karbon Hutan di Kalimantan Timur.

B2P2EHD (Samarinda, 27/7/2016)_ Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) bekerjasama dengan Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) melaksanakan kegiatan pelatihan pembangunan Plot Sample Permanen (PSP) selama 3 hari yang dilaksanakan di Hotel Horison Samarinda 27-28/7. Dilanjutkan kegiatan praktek lapangan di Arboretum Sempaja B2P2EHD, Jumat, 29/7.

Pembangunan PSP merupakan salah satu kegiatan dalam program Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) untuk mendukung pelaksanaan skema Carbon Fund yang akan diimplementasikan di provinsi Kalimantan Timur. “Pelatihan ini bertujuan untuk penguatan kapasitas bagi pihak-pihak terkait mengenai pembangunan PSP, pengukuran dan penghitungan karbon hutan secara menyeluruh, konsisten dan sistematis.“ kata Ir. Ahmad Saerozi, Kepala B2P2EHD dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi acara pelatihan tersebut.

Sementara itu ditempat yang sama, R. Fatmi Noor’an, S.Hut., MSi, peneliti B2P2EHD, yang merupakan Admin kegiatan dari B2P2EHD mengatakan tujuan diadakannya pelatihan ini agar peserta mendapatkan pemahaman dasar mengenai konsep measurable, reportable, verifiable (MRV), pemahaman tentang teori pendugaan simpanan karbon hutan serta meningkatkan kemampuan dalam pengukuran dan penghitungan karbon hutan di lapangan.

“pemahaman yang menyeluruh mengenai definisi dan metode pengukuran karbon di lapangan oleh berbagai pihak terkait akan memberikan kontribusi yang kuat terhadap pelaksanaan pembangunan PSP, pengukuran dan pemantauan karbon hutan di Provinsi Kalimantan Timur.” Kata Fatmi

Fatmi juga menambahkan kegiatan pelatihan akan diisi dengan pengenalan tentang Forest Carbon Partnership Facility (FCPF), pemahaman tentang sistem MRV perhitungan karbon, pembangunan PSP, pengukuran karbon dan aplikasi database pemantauan karbon hutan. Disamping itu akan dilakukan praktek lapangan untuk menjadikan peserta paham dalam pelaksanaan pembuatan PSP dan pengukuran karbon.

Peserta pelatihan berjumlah 30 orang, berasal dari beberapa unsur antara lain yaitu Dewan Daerah Perubahan Iklim Kalimantan Timur, MRV Kalimantan Timur, CeBERes – Universitas Mulawarman, UPTD PPA Dinas Kehutanan Kalimantan Timur, KPHP Berau Barat, Balitek KSDA Samboja, BP Hutan Lindung Sungai Wain dan B2P2EHD. **

 

Sumber Berita : TOR Training PSP

Editor: Muhamad Sahri Chair

%d blogger menyukai ini: