Menggali Potensi KHDTK untuk Hutan Penelitian Sebulu dengan Program Kemitraan dan Jasa Lingkungan

B2P2EHD (Samarinda, 30/6/2016)_KHDTK (Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus) untuk Hutan Penelitian Sebulu yang dikelola oleh B2P2EHD (Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa) terletak di dalam wilayah KPHP (Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi) Santan merupakan wilayah yang sangat strategis dan harus digali potensinya dengan program kemitraan dan jasa lingkungan, hal ini diutarakan oleh Kepala KPHP Santan, Ir. Junaidi, MP pada rapat kerjasama di Ruang Rapat B2P2EHD, 30/6.

“Karena letaknya yang strategis tersebut, KPHP Santan secara khusus mengajukan permohonan untuk membuat / membangun sarana dan prasarana didalam kawasan KHDTK untuk Hutan Penelitian Sebulu, tujuannya agar potensi-potensi yang ada di dalam kawasan dapat digali lebih mendalam” ujar Ir. Junaidi, MP.

Ir. Hj. Nina Juliaty, MP., Kepala Bidang, Data, Informasi dan Kerjasama, selaku pemimpin rapat kerjasama tersebut berharap dari hasil kerjasama ini dapat terciptanya riset-riset terbaru dalam hal program kemitraan kehutanan dengan masyarakat, khususnya masyarakat daerah Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Ir. Hj. Nina Juliaty, MP., mengatakan bahwa “Pada pinsipnya B2P2EHD menyambut baik kerjasama ini, karena sebagai pengelola KHDTK untuk Hutan Penelitian Sebulu akan terbantu sekali dalam meminimalisasi konflik di KHDTK Sebulu yang selama ini terjadi.”

“Status KHDTK Sebulu saat ini adalah masih dalam SK Penunjukan Kawasan KHDTK, telah dilakukan pemancangan batas sementara oleh BPKH Wilayah IV, namun kelanjutan untuk menjadikan sebagai kawasan yang akan ditetapkan masih menunggu dari BPKH.” Tambah Ir. Hj. Nina Juliaty, MP.

Jika dilihat dari posisi geografis KHDTK untuk Hutan Penelitian Sebulu sebenarnya memiliki peranan penting bagi masyarakat sekitar Sebulu baik sebagai penyedia air maupun sebagai iklim mikro, hal ini dikarenakan di daerah ini hanya KHDTK untuk Hutan Penelitian Sebulu yang masih ada hutannya, sementara di sisi utara, barat dan timur telah habis menjadi kawasan perkebunan kelapa sawit.

Peluang kerjasama juga terbuka juga bagi kawasan ini dikarenakan ada perusahaan HTI (Hutan Tanaman Industri) yang ada di Selatan KHDTK untuk Hutan Penelitian Sebulu yaitu PT. Surya Hutani Jaya punya program tanaman kehidupan, jika masyarakat jeli melihat ini maka bisa juga memanfaatkan sebagai peluang kemitraan antara KHDTK untuk Hutan Penelitian Sebulu, HTI PT. Surya Hutani Jaya dan masyarakat Sebulu. **RS,MSC

%d blogger menyukai ini: