Mengenal Hutan lebih dekat, 28 Siswa/siswi SMK Kehutanan Samarinda Praktek Lapangan di KHDTK Labanan, Berau.

B2P2EHD(Samarinda_21/2/2017)_Sebanyak 28 siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Negeri (SMKKN) Samarinda yang akan melakukan praktek lapangan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Labanan dilepas secara resmi oleh Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) di Gedung Pertemuan Dipta Grha B2P2EHD Samarinda, 13/2.

Kepala B2P2EHD yang diwakili oleh Kepala Bidang Data, Informasi dan Kerjasama (DIK), Ir. Nina Juliaty, MP mengatakan “Kerjasama yang telah terjalin antara B2P2EHD dan SMKKN Samarinda sejak tahun 2014 dalam hal pengiriman siswa/siswi untuk praktek di KHDTK Labanan merupakan langkah nyata dalam pembentukan sumberdaya manusia kehutanan yang mandiri dan berdaya saing tinggi dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan”.

Pada kesempatan tersebut Nina juga memberikan informasi terkait kondisi terkini di KHDTK Labanan kepada Guru pendamping dan siswa/siswi peserta praktek lapangan.

Nina juga mengamanatkan kepada seluruh siswa/siswi yang akan praktek lapangan di KHDTK Labanan untuk selalu mematuhi prosedur dan peraturan yang diberikan pihak sekolah maupun B2P2EHD. “Kami memberikan perhatian yang sangat besar tehadap hal ini (praktek lapangan) karena mereka berada di dalam hutan” tambah Nina.

Nina menegaskan kepada siswa/siswi agar bisa menjaga diri karena hutan sangat berbeda dengan kota yang ada selama ini “apabila ingin melakukan aktifitas diluar kegiatan praktek, siswa/siswi harus melapor kepada pendamping, hal ini untuk menjaga dan menghindari kalian dari hal-hal yang tidak diinginkan” ujar Nina.

Selain guru pendamping dari SMKKN Samarinda, B2P2EHD juga mengirim pegawainya sebanyak 2 (dua) orang untuk mendampingi dan memberikan pengetahuan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi kehutanan dalam bentuk praktek langsung di lokasi KHDTK Labanan.

Menurut Nina pendampingan dari B2P2EHD akan menggunakan sistem rolling dari dua orang yang ditugaskan, tidak langsung kedua orang pendamping dari B2P2EHD yang menemani siswa/siswi praktek lapangan.

Sementara itu Ali, Guru Pendamping praktek lapangan dari SMKKN Samarinda sangat mengapresiasi dan memberikan banyak ucapan terima kasih kepada Kepala B2P2EHD atas kerjasama yang dilaksanakan.

Ali juga berpesan kepada seluruh siswa/siswi yang mengikuti kegiatan praktek lapangan untuk tetap menjaga kekompakan dalam praktek lapangan dan selalu saling bahu membahu memberikan bantuan kepada rekan praktek. “selama mengikuti praktek, kami akan mendampingi dengan baik dan kami mohon kerjasama yang baik juga dari kalian (siswa/siswi praktek)” kata Ali. **MSC

%d blogger menyukai ini: