Kunjungan SD Islamic Center ke Widya Wisata B2P2EHD

Samarinda (B2P2EHD, 14/11/2017)_Widya Wisata B2P2EHD kembali mendapatkan kunjungan dari Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Islamic Center yang berjumlah 40 orang. Tujuan mereka berkunjung untuk mengenal lebih dekat persemaian, green house dan arboretum B2P2EHD, dalam kunjungannya  mereka diterima oleh Bapak Yoyok Sigit Haryotomo selaku Kepala Bagian Umum B2P2EHD.

Kemudian anak-anak dibawa ke Laboratorium Teknologi Hasil Hutan dan diperkenalkan dengan  Andrian Fernandes, salah satu peneliti B2P2EHD untuk mendengarkan penjelasan mengenai produk yang dihasilkan oleh kelompok peneliti teknologi hasil hutan yaitu teh irai dan bolu pasak bumi. Anak-anak dijelaskan  tentang apa itu Ekosistem  dengan menonton film pendek yang telah disiapkan oleh tim, setelah itu  diperkenalkan produk Hasil penelitian dan inovasi  B2PEHD yaitu Teh Irai  mulai dari bahan, cara membuat dan kegunaannya. Kemudian diperkenalkan juga produk hasil  penelitian dan inovasi tentang Bolu Pasak Bumi oleh Supartini

Setelah selesai pemberian penjelasan di Lab.  Teknologi Hasil Hutan anak-anak  dibawah ke green house dan  Kebun Pangkas  B2P2EHD.  Di Green House anak-anak  diberi penjelasan tentang bagaimana cara menyetek tanaman kehutanan yang diambil dari kebun pangkas, kegiatan ini dipandu oleh Lidia Suastati, salah satu peneliti Manajemen Hutan.

Dari green house dan kebun pangkas anak-anak diajak ke Persemaian untuk mengenal lebih dekat tentang persemaian seperti cara pembibitan dan penanaman serta cara penyiramannya. Kegiatan ini dipandu oleh pengelola persemaian, Ahmad Rifani. 

Kegiatan puncak dari Widya Wisata B2P2EHD adalah berkunjung ke Arboretum yang dipandu oleh Agung Supriyanto, disana anak- anak bisa mengetahui seperti apa miniatur hutan, melihat berbagai jenis pohon- pohon besar serta diperkenalkan QR Code sebuah aplikasi yang dapat diunduh melalui play store untuk smartphone android, didalamnya terdapat informasi spesifik tentang tanaman yang telah dibuatkan QR codenya.

Perlu diketahui Widya Wisata B2P2EHD ini di lauching pada bulan Mei 2017 dan sampai saat ini menjadi salah satu destinasi favorite bagi anak- anak sekolah dan masyarakat di Samarinda. Dan sekedar informasi bawah Arboretum B2P2EHD baru- baru ini menjadi salah satu obyek penilaian Kota Sehat dari Tim Verifikasi Penilaian Kota Sehat di Jakarta/ HRA&MAR

%d blogger menyukai ini: