Komitmen Litbang untuk mendukung operasional KPHP Bongan

B2P2EHD(Balikpapan,01/02/2017)_Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) selama dua hari melaksanakan lawatan ke beberapa instansi Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) di Kalimantan Timur. KPHP Bongan menjadi salah satu pilihan instansi yang dikunjungi karena lokasinya yang strategis dan luasannya lebih dari ± 300.000 ha.

KPHP Bongan merupakan 30 KPHP yang terdapat di Provinsi Kalimantan Timur, KPHP Bongan ditetapkan melalui SK Menteri Kehutanan nomor: SK. 718/menhut-II/2014. KPHP ini memiliki wilayah di 3 Kabupaten meliputi Paser, Penajam Paser Utara dan lebih dari separuh wilayahnya masuk Kutai Barat.

Edy Rieswanto, SH., MM., selaku Kepala KPHP Bongan menyampaikan “Walaupun KPHP Bongan bukan merupakan KPHP Model tetapi KPHP ini memiliki potensi dan nilai strategis, untuk itu saya harap dapat memperoleh dukungan yang sama dari BPHP selaku fasilitator. Saya rasa KPHP Bongan dapat setara dengan KPHP-KPHP yang lain.“

Hal ini sejalan dengan pernyataan dari Plt Kepala Seksi Perencanaan KPHP Bongan, Rini Handayani, yakni “Perlu diketahui bahwa bahwa KPHP Bongan merupakan KPHP yang dibentuk provinsi bersama-sama dengan KPHP Santan.  KPHP Bongan menyimpan banyak potensi baik potensi kayu, potensi non kayu potensi karbon, potensi flora fauna maupun situs sejarah dan kebudayaan.”

Rini menyebutkan banyak rencana strategis yang digulirkan dari KPHP Bongan, diantaranya adalah kegiatan silvopastural dan pengembangan silvofarmaka.

Untuk itu, Khuswantoro Akhadi, S,Hut., MAP., Kepala Seksi Kerjasama, KHDTK dan Pengembangan B2P2EHD menyambut baik dan menyatakan komitmennya untuk membantu mendukung melalui iptek yang dimiliki B2P2EHD terhadap adanya berbagai rencana strategis yang digulirkan tersebut.

B2P2EHD pada tahun lalu bersama-sama Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) Samarinda juga telah melakukan kegiatan bersama-sama dengan KPHP Berau Barat, KPHP Delta Mahakam dan KPHP Kendilo untuk mendorong operasional KPHP Model tersebut.

Kegiatan tersebut meliputi dukungan iptek tentang silvofarmaka, silvofishery, agroforestry yang sudah berjalan di ketiga KPHP tersebut. Khuswantoro berharap untuk KPHP Bongan kita juga dapat berbuat demikian.

Sementara itu, Eddy Rieswanto sangat berharap kegiatan di KPHP Bongan dapat didukung oleh semua pihak agar kemandirian KPHP Bongan segera terwujud sesuai tujuan amanat UU no 41 tahun 1999 yakni mewujudkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan kawasan, kemantapan dan kepastian kawasan hutan dan distribusi manfaat SDH bagi para pihak yang berkepentingan dengan sektor kehutanan. Salam KPH…. **KHA

Sumber Foto: Blog KPHP Bongan

https://2.bp.blogspot.com/-i9OsJy-3YVU/WGsN6_lJdeI/AAAAAAAAAVA/c6R5CZaGsCEUcC08jJDg7w5Bf-MuNHjcACLcB/s1600/IMG-20160520-WA0027.jpg

%d blogger menyukai ini: