Jurnal Volume 3 Nomor 1 Juli 2017 Telah Terbit!

B2P2EHD (Samarinda, 13/9/2017)_Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) telah menerbitkan Majalah Ilmiah Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa (JPED) Volume 3 Nomor 1 Juli 2017.

JPED Volume 3 Nomor 1 Juli 2017 terbit dengan menerapkan sistem elektronik aplikasi Open Journal System (OJS) yang tergabung di Portal Jurnal Elektronik Badan Litbang dan Inovasi (BLI).

Naskah pada JPED Volume 3 Nomor 1 Juli 2017 ini terdiri dari 5 naskah, sebagai berikut:

Muhammad Fajri, Ngatiman Ngatiman
1-12
Sri Purwaningsih, Abdurachman Abdurachman
13-22
Agus Wahyudi, Amiril Saridan
23-32
Ngatiman Ngatiman, Deddy Dwi Nur Cahyono
33-42
Suryadi Suryadi, Aipassa Aipassa, Ruchaemi Ruchaemi, Matius Matius
43-48

Untuk dapat mengakses naskah pada terbitan ini silahkan klik pada judul naskah yang ada di atas.

JPED yang diterbitkan oleh B2P2EHD sebelumnya dikenal dengan nama Jurnal Penelitian Dipterokarpa menggunakan versi Cetak dan diterbitkan oleh Balai Besar Penelitian Dipterokarpa (B2PD).

Nama penerbit telah berubah karena penggabungan dari Kementerian Kehutanan dengan Kementerian Lingkungan Hidup menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Republik Indonesia (Perpres No. 16/2015 dan Permen KLHK No. P.18/Menlhk/Setjen/OTL.0/1/2016). Sesuai dengan Perundang-undangan tersebut, Balai Besar Penelitian Dipterokarpa diubah menjadi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa. Logo penerbit juga mengalami perubahan menyesuaikan Logo Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pada tahun 2014 karena penggabungan Kementerian Kehutanan dengan Kementerian Lingkungan Hidup menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Republik Indonesia, JPD diganti menjadi JPED (ISSN-Cetak:2460-5875 dan ISSN-Online:2460-5883).

Awalnya JPD fokus dalam penelitian tanaman Dipterokarpa, setelah menjadi JPED maka ruang lingkup dan cakupan JPED menjadi lebih luas terhadap seluruh aspek lingkungan hidup dan ekosistem hutan Dipterokarpa terutama dalam bidang Silvikultur, Jasa Lingkungan (Nilai Hutan), Biometrik Hutan, Pengolahan Hasil Hutan, Keteknikan dan Pemanenan Hutan, Hasil Hutan Bukan Kayu, Perlindungan Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan, Perhutanan Sosial, Ekonomi dan Kebijakan, Ekologi Tumbuhan dan Biomassa Hutan, Mikrobiologi dan Bioteknologi, Hama dan Penyakit Hutan, Anatomi Kayu, Hidrologi dan Konservasi Tanah Hutan, Dendrologi, Fitogeografi dan Arsitektur Pohon, Fisiologi Tumbuhan. JPED akan diterbitkan satu volume dalam setahun termasuk dua nomor terbitan yang disampaikan pada bulan Juli dan Desember.

JPED memiliki volume pertama terdiri dari dua nomor yang terbit terbit pada Juli dan Desember 2015. Secara berkala JPED akan menerbitkan satu volume setiap tahunnya termasuk dua nomor yang akan disampaikan setiap bulan Juli dan Desember.

%d blogger menyukai ini: