Stand Dinas Kehutanan Kaltim dan UPT Lingkungan Hidup dan Kehutanan Meraih Juara 1 Kategori Desain Terbaik di Pagelaran Kaltim Fair 2017

B2P2EHD(Samarinda_28/4/2017)_Stand Pameran Dinas Kehutanan Propinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Lingkup Kaltim meraih Juara Pertama kategori stand dengan Desain Terbaik lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada Pagelaran Pameran Nasional Kaltim Fair 2017 yang diselenggarakan dari tanggal 14-23/4 di Samarinda Convention Hall.

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”13″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_slideshow” gallery_width=”400″ gallery_height=”300″ cycle_effect=”fade” cycle_interval=”2″ show_thumbnail_link=”0″ thumbnail_link_text=”[Show thumbnails]” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″]Kepala Dinas Kehutanan Prop. Kaltim, Ir. H. Wahyu Widhi Heranata, MP, menerima langsung Piagam Penghargaan dan Plakat dari Gubernur Kaltim, H. Awang Faroek Ishak pada acara penutupan pameran yang dirangkum dengan pengumuman juara stand terbaik.

Widhi, panggilan akrab Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kaltim merasa puas dan bangga atas capaian yang diperoleh pada ajang pameran tahun 2017 ini, beliau juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada para pihak yang telah membantu dalam menyiapkan stand.

“Kami memiliki stand yang tidak sama dengan stand pameran umumnya, pada Kaltim Fair 2017 ini kami menampilkan sesuatu yang berbeda yaitu adanya Manusia Pohon yang dipasang di pojok Stand, menggambarkan bagaimana seharusnya pohon di hutan dijaga agar tidak rusak dan menjadikan hutan tempat yang memiliki segudang manfaat bagi seluruh masyarakat” kata Widhi.

Manusia pohon tersebut memiliki daya tarik tersendiri karena setiap warga yang mengunjungi stand Kehutanan dapat berfoto selfie berlatar belakang manusia pohon tersebut serta dilengkapi dengan sticker tulisan yang berisi pesan agar menjaga hutan tetap lestari.

Selain Manusia Pohon yang menjadi daya tarik warga untuk datang mengunjungi stand kehutanan, di sana juga di buat rumah kecil beratapkan daun nipah yang memberikan ciri khas Perhutanan Sosial. Hal ini sesuai dengan tema dari Stand Kehutanan yang mengangkat Perhutanan Sosial sebagai materi utamanya.

Sementara itu, partisipasi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) dalam mengisi Stand Kehutanan dapat dilihat dari beberapa produk Teh Irai, publikasi yang turut dipamerkan, Film Hasil Penelitian dan Pengembangan serta Pigura Poster yang terpasang di Stand Kehutanan tersebut.

Ir. Nina Juliaty, MP., Kepala Bidang Data, Informasi dan Kerjasama (DIK) B2P2EHD mengatakan pada tahun 2017 ini B2P2EHD mendukung secara penuh pameran Kaltim Fair dengan memberikan kontribusi berupa materi dan tenaga pemandu.

Menurut Nina, Beberapa riset unggulan B2P2EHD juga dipamerkan pada pagelaran Kaltim Fair tahun 2017 ini, diantaranya adalah Teh Irai, Kue Bolu Pasak Bumi, Prototype Alat Pengolah Pasak Bumi, Kemitraan serta Pemuliaan Shorea leprosula. Secara khusus Teh Irai mendapat perhatian dari Gubernur Kalitm pada saat melakukan kunjungan ke Stand Pameran Kehutanan setelah melakukan pemotongan pita pembukaan Pameran Nasional Kaltim Fair 2017.

Kaltim Fair 2017 ini adalah gelaran ke-7 Pameran dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Timur yang ke 60, diselenggarakan selama 10 hari dari tanggal 14-23 April 2017. Kaltim Fair 2017 yang memiliki tema Mendukung Ekonomi Kreatif dalam Mewujudkan Kaltim Sejahtera secara resmi di buka oleh Gubernur Kaltim, H. Awang Faroek Ishak pada tanggal 17 April 2017 dengan memukul Gong dan Pemotongan Pita di pintu masuk utama Stand Pameran. Sebelumnya pada tanggal 14 April 2017 Pameran Nasional Kaltim Fair 2017 sudah di buka dalam bentuk soft launching oleh Kepala  Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kalimantan Timur. Total stand yang terisi berjumlah 160 stand dari 167 stand yang disediakan. **MSC

%d blogger menyukai ini: