Industri Pangan Skala Rumah Tangga

Samarinda (B2P2EHD, 19/4/2018) Saat ini makanan tidak hanya mengenyangkan, namun juga diharapkan memiliki fungsi kesehatan. Salah satu jenis makanan dalam bentuk kue/roti yang banyak dijumpai di masyarakat adalah kue bolu. Oleh karena itu tim peneliti B2P2EHD berinovasi untuk menambahkan bahan tumbuhan obat ke dalam kue bolu.

Pembuatan kue bolu dengan beberapa varian, yaitu kue bolu pasak bumi dan kue bolu kayu putih, serta kue bolu original sebagai kontrol. Kue bolu pasak bumi merupakan kue bolu yang ditambahkan ekstrak pasak bumi. Untuk kue bolu kayu putih adalah kue bolu yang ditambahkan serbuk daun kayu putih. Untuk topping kue dibuat dengan variasi meses, keju, coklat dan tanpa topping sebagai kontrol. Rangkaian percobaan pembuatan kue bolu dilakukan pada 14 Februari, 22 Februari, 21 Maret dan 18 April 2018. Setelah pembuatan kue bolu dilanjutkan dengan uji organoleptik.

Kue bolu herbal dibuat menggunakan bahan yang mudah didapat dengan teknologi yang sederhana. Diharapkan kue bolu herbal yang dihasilkan dapat diaplikasikan pada industri pangan skala rumah tangga. (HRA & AF)

    

%d blogger menyukai ini: