Exit Meeting Review Laporan Keuangan Inspektorat Jenderal lingkup Satker KLHK di Kaltim

B2P2EHD (Samarinda, 25/1/2016)_Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) melaksanakan acara rapat Exit Meeting Tim Review Laporan Keuangan Inspektorat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Itjen KLHK) pada hari senin, 23/1 yang lalu.

Ir. Ahmad Saerozi, Kepala B2P2EHD, yang membuka rapat Exit Meeting mengatakan bahwa rapat dilaksanakan karena tim telah selesai melakukan review Laporan Keuangan Seluruh Satuan Kerja (Satker) KLHK lingkup Kaltim.

Saerozi juga mengingatkan kembali kepada seluruh peserta rapat untuk memperhatikan secara seksama hasil review yang nanti di jelaskan serta saling membantu dalam perbaikan hasil review laporan keuangan ini. “setelah diperoleh hasil review nanti, dipersiapkan dokumen-dokumen yang akan diminta oleh BPK-RI agar KLHK terutama lingkup Kaltim dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap opini BPK-RI”

Ir. Sudaryono, MM., Pengendali Teknis tim review Laporan Keuangan Itjen KLHK lingkup Kaltim memberikan apresiasinya terhadap hasil review yang dilaksanakan tim selama kurang lebih 1 minggu. “Pada umumnya laporan keuangan yang di review sudah sesuai dengan prinsip akuntansi keuangan, hanya beberapa hal kecil saja yang perlu di perbaiki dan dilengkapi menyesuaikan peraturan dan perundangan yang berlaku” kata Daryono.

Menurut Daryono, Review laporan keuangan adalah bentuk pendampingan secara teknis bagaimana suatu data dan informasi laporan keuangan yang diperoleh dikemas, dibungkus sesuai standar akuntansi keuangan serta mengikuti peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Dari hasil review, Daryono menyampaikan ada hal umum dan khusus yang perlu menjadi perhatian dan perbaikan diantaranya adalah kelengkapan pencatatan keuangan, pencatatan asset yang nilainya kurang atau bertambah. Sedangkan hal khusus lebih ditekankan kepada ketersediaan dokumen sumber laporan keuangan seperti dokumen sumber piutang yang berasal dari surat tagihan piutang.

Lebih lanjut, ketua tim review laporan keuangan, Herry Ismawan, S.Hut menginformasikan kepada seluruh peserta Exit Meeting terutama Satker KLHK lingkup Kaltim untuk mengecek kembali transaksi dan kegiatan Barang Milik Negara (BMN) yang ada di unit kerja masing-masing.

“Pastikan data BMN sudah sesuai antara berita acara, laporan dan aplikasi BMN nya, cek kembali dan pastikan data tersebut sudah valid” tambah Herry.

Acara rapat Exit Meeting ini dilaksanakan di ruang rapat B2P2EHD dan diikuti seluruh satuan kerja KLHK yang ada di Provinsi Kaltim pada hari senin 23/1 yang lalu.**MSC

%d blogger menyukai ini: