E-Journal JPED

JPEDJurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa (JPED) diterbitkan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD)  sebelumnya dikenal dengan nama Jurnal Penelitian Dipterokarpa menggunakan versi Cetak dan diterbitkan Balai Besar Penelitian Dipterokarpa (B2PD).

JPED pertama kali diterbitkan dengan nama Jurnal Penelitian Dipterokarpa (JPD) pada September 2007 dengan nomor ISSN 1978-8746. Pada tahun 2014 karena adanya penggabungan antara Kementerian Kehutanan dan Kementerian Lingkungan Hidup menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, nama JPD selanjutnya diubah menjadi JPED (ISSN-Cetak:2460-5875 dan ISSN-Online:2460-5883).

Awalnya JPD fokus dalam penelitian tanaman Dipterokarpa, setelah menjadi JPED maka ruang lingkup dan cakupan JPED menjadi lebih luas terhadap seluruh aspek lingkungan hidup dan ekosistem hutan Dipterokarpa terutama dalam bidang Silvikultur, Jasa Lingkungan (Nilai Hutan), Biometrik Hutan, Pengolahan Hasil Hutan, Keteknikan dan Pemanenan Hutan, Hasil Hutan Bukan Kayu, Perlindungan Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan, Perhutanan Sosial, Ekonomi dan Kebijakan, Ekologi Tumbuhan dan Biomassa Hutan, Mikrobiologi dan Bioteknologi, Hama dan Penyakit Hutan, Anatomi Kayu, Hidrologi dan Konservasi Tanah Hutan, Dendrologi, Fitogeografi dan Arsitektur Pohon, Fisiologi Tumbuhan.

JPED akan diterbitkan satu volume dalam setahun termasuk dua nomor terbitan yang disampaikan pada bulan Juli dan Desember.

Kami membuka kesempatan para Peneliti, akademisi dan disiplin ilmu bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk dapat berpartisipasi mengirimkan tulisannya di JPED.

<===================================================================================>

Berikut adalah link untuk melakukan submisi/kirim naskah : submisi naskah ke JPED

Jurnal yang sudah terbit di JPED : klik >> Naskah terbit JPED

 

Jurnal Terbaru :

1. Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa : Volume 5, No. 1 (2019)
2. Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa : Volume 5, No. 2 (2019)