Diseminasi Produk Penelitian Hasil Hutan Bukan Kayu Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga

B2P2EHD (Samarinda, 10/08/2018). B2P2EHD turut serta berpartisipasi dalam acara Penilaian Lomba Posyandu “Family Panda” kelurahan Air Hitam, kecamatan Samarinda Ulu pada tanggal 7 Agustus 2018. Bentuk partisipasi tersebut berupa diseminasi dan pengenalan hasil riset aplikatif dibidang tumbuhan obat. Acara dibuka oleh Camat Samarinda Ulu dan dihadiri oleh lurah lingkup kecamatan Samarinda Ulu, dinas kesehatan, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK kelurahan Air Hitam dan berbagai tamu undangan.

Ibu Jurna (pegawai kelurahan Air Hitam) menyatakan bahwa teknologi pembuatan obat tradisional beserta diversifikasinya dapat menggunakan bahan baku dari tanaman obat keluarga (TOGA) yang ada di sekitar rumah.

“B2P2EHD siap melakukan transfer teknologi kepada kader posyandu, kader TOGA maupun kader UP2K PKK”, ujar Ir. Eded Suryadi, MM (Kabid DIK B2P2EHD). Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa hasil riset B2P2EHD yang aplikatif harus dapat dinikmati oleh orang di dekat hutan maupun warga kota.

Selain Teh Irai dan Bolu Pasak Bumi, pada acara ini diperkenalkan pula produk inovasi baru dari B2P2EHD berupa Silky Puding Irai. Silky Puding Irai ini merupakan diversifikasi produk dari Irai berupa puding lembut berbahan dasar Teh Irai dengan penambahan aroma buah alpukat yang dibuat sebagai teman minum Teh Irai. Testimoni awal perkenalan produk ini sangat menunjukkan tingkat antusias yang tinggi. Beberapa responden sangat menyukai rasa produk ini dan beberapa diantaranya telah siap mengkonsumsinya. Bapak Surono (Lurah Teluk Lerong Ilir) menyatakan bahwa Silky Puding Irai layak dikonsumsi, mengingat rasanya identik dengan kesan rasa mewah apalagi ditambah dengan nilai khasiat yang menyehatkan. (AF/RIZMA)

%d blogger menyukai ini: