DAUN UROKEP (Senna alata) DAUN PELANGSING YANG DIGUNAKAN DARI DUSUN NYAPA INDAH, BERAU

Memiliki tubuh langsing, singset dan ideal merupakan idaman banyak wanita sejak jaman dulu. Berbagai cara dilakukan oleh wanita untuk mendapatkannya, diantaranya adalah melakukan program diet, senam, menggunakan herbal dan berbagai usaha lainnya.

Salah satu herbal pelangsing dari  Dusun Nyapa Indah, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur adalah daun kering Urokep atau Senna alata. Dalam bahasa setempat, “Uro” artinya daun, sedangkan “Kep” artinya menutup saat malam hari. Secara tradisional, rebusan 1-2 lembar daun kering Urokep dalam segelas air (± 200 ml) digunakan sebagai obat pelangsing.

Untuk meningkatkan kegunaan daun kering Urokep, tim peneliti tumbuhan obat B2P2EHD melakukan proses pengujian fitokimia dan GC-MS terhadap ekstrak etanol daun kering Urokep. Hasil uji fitokimia ekstrak etanol daun Urokep menunjukkan bahwa daun Urokep mengandung tannin, alkaloid, flavonoid, steroid dan triterpenoid. Hasil uji GC-MS, diduga ekstrak etanol Urokep mengandung dua puluh komponen bahan kimia aktif, diantaranya 18,11% 1,2-Benzenedicarboxylic acid, mono(2-ethylhexyl) ester, 15,7% Palmitic acid, methyl ester dan 7,75% Beta-sitosterol yang dapat digunakan sebagai bahan untuk obat-obatan aktif dalam industri farmasi.

Hasil riset ini telah dipublikasikan pada Scientia : Jurnal Farmasi dan Kesehatan, Volume 10, No. 1, halaman 48-56, Februari 2020 => link https://tinyurl.com/y9wkjnk5

 

[Kontributor : AF dan RM]

B2P2EHD

Balai Besar Litbang Ekosistem Hutan Dipterokarpa | Melaksanakan Penelitian dan Pengembangan di bidang Pengelolaan Ekosistem Hutan Dipterokarpa

%d blogger menyukai ini: