B2P2EHD Kembali Berprestasi

B2P2EHD (Samarinda, 21/8/2018)_Pada hari Jumat, 17/8, Pustakawan B2P2EHD mengikuti upacara HUT RI ke 73 di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Prop. Kaltim, upacara diikuti oleh seluruh karyawan/ti Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Prop. Kaltim dan seluruh pemenang lomba Pengembangan Kepustakawanan dan Minat Baca tahun 2018  ini dipimpin oleh Bpk. Aswin (Kepala Badan Perpustakaan & Kearsipan Daerah). Setelah upacara kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Piala dan penghargaan bagi pemenang lomba termasuk didalamnya Pustakawan B2P2EHD yang berhasil menjadi juara II pada Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Propinsi Kaltim. Mengangkat tema “Perpustakaan sebagai Salah Satu Sarana Pusat Riset Edukasi dan Wisata (Puri Duta) LHK” dalam karya tulisnya.

Lomba yang dilaksanakan di Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kaltim ini diikuti sekitar 35 pustakawan dari beberapa instansi, sekolah, serta perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Timur. Lomba Pustakawan Berprestasi yang diadakan pada 23 – 24 Mei 2018 ini dilakukan dalam 3 tahap.

Tahap pertama adalah seleksi tertulis yang meliputi pengetahuan tentang kepustakawanan dan membuat karya tulis ilmiah. Karya tulis pustakawan B2P2EHD, Maria Anna Raheni mengenai perpustakaan sebagai salah satu sarana Puri Duta, berhasil memikat dewan juri dan menjadikannya masuk dalam 10 besar.

Tanggal 24 Mei diadakan seleksi tahap kedua yaitu tes wawancara untuk 10 peserta terbaik. Peserta diharuskan menjelaskan tentang karya tulis ilmiahnya dan hal apa yang akan diangkat bila terpilih mewakili Kaltim untuk maju ke tingkat nasional.

Tahap ketiga yaitu visitasi lapangan untuk peserta yang masuk dalam urutan 3 besar oleh dewan juri. Saat berkunjung ke B2P2EHD dewan juri diperkenalkan tentang Program Puri Duta.

Puri Duta merupakan pengembangan dari widyawisata yang telah dikembangkan di B2P2EHD. Melalui Puri Duta masyarakat tidak hanya diperkenalkan tentang hutan wisata di arboretum saja tetapi diharapkan dapat mengenal lebih jauh hasil- hasil penelitian yang telah dikembangkan oleh para peneliti. Puri Duta juga terbuka untuk mahasiswa yang hendak melakukan penelitian sehingga dapat meningkatkan keilmuannya.

Puri Duta sendiri merupakan gabungan dari persemaian, rumah kaca, arboretum, laboratorium Teknologi Hasil Hutan dan perpustakaan. Melalui paket ini masyarakat diajak untuk melihat bagaimana bibit disemai di persemaian hingga berproses ke penanaman di arboretum hingga dapat melihat pengelolaan produk apa saja yang sudah dikembangkan oleh peneliti THH.

Perpustakaan hadir sebagai sarana bagi masyarakat untuk mengetahui segala literatur terkait dengan hasil penelitian dan pengembangan produknya sehingga masyarakat dapat semakin mudah mendapatkan apa yang diinginkan.

Di kawasan Puri Duta disediakan pojok baca di kawasan persemaian bagi masyarakat yang hendak membaca sambil menikmati alam terbuka.

Untuk diketahui, kehadiran Arboretum Sempaja sebagai Pusat Riset Edukasi dan Wisata Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah memberikan dampak yang sangat baik dalam hal wisata edukasi di Samarinda. Telah banyak sekolah dan kampus yang berwisata ilmiah di tempat ini.(MAR)

%d blogger menyukai ini: