Akhirnya Oki dilepasliarkan di kawasan Hutan Lindung Muara Lesan

 

Samarinda (B2P2EHD, 19/9/2017)_Oki Orangutan berjenis kelamin jantan dari Pusat Rehabilitasi Orangutan COP Borneo  direlease di Hutan Lindung Muara Lesan,  di kecamatan Kelay Kabupaten Berau oleh  Kepala KPH Berau Barat, Kepala BKSDA Kaltim, Kepala B2P2EHD dan Manajer Pusat Rehabilitasi COP Borneo.

Orangutan Nigel dan Oki berasal dari Kebun Raya Universitas Mulawarman Samarinda yang dipindahkan ke Pusat Rehabilitasi Orangutan COP Borneo pada tanggal 11 April 2015, umur  keduanya antara  10  – 12 tahun pada saat pertama kali dipindah ke Pusat Rehabilitasi COP Borneo. Di COP Borneo Nigel dan Oki  berada dalam kandang, Nigel satu kandang dengan Hercules sedangkan Oki hanya sendiri dalam kandang, berdasarkan pengamatan Tim APE Defender, dominasi Nigel tidak terlihat yang terlihat dominan adalah Hercules. Hal ini terlihat ketika pemberian pakan setiap harinya terlihat setiap perebutan pakan di kandang selalu dimenangkan oleh Hercules.

Pada bulan Desember tahun 2015 Negel dan Oki dipindahkan ke Pulau Pra Pelepasliaran milik COP Borneo dari hasil observasi tim  terlihat perubahan perilaku Nigel dan Oki, observasi yang  dilakukan dengan metode ber patrol keliling pulau serta monitoring dari pos pantau dengan menggunakan binocular, setiap kegiatan orangutan yang berada di Pulau akan dicatat. Poin-poin yang dicatat antara lain perilaku lokomosi (cara bergerak), perilaku soliter, perilaku menyimpang, pembuatan sarang, gruping atau kelompok main, serta perilaku dominasi.

Setelah diamati Negel pada saat dikandang selalu kalah saing dengan Hercules, tetapi setelah di Pulau perilaku sedikit berbeda Negel menjadi sosok Alpha Male menjadi orangutan yang paling ditakuti orangutan lain, sedangkan Oki pada saat di Pulau merupakan orangutan yang paling soliter.

Dari kedua  orangutan tersebut, Negel dan Oki merupakan kandidat yang dapat  dilepasliarkan di Hutan Lindung Muara Lesan Kecamatan Kelay namun, atas dasar pertimbangan dari tim APE Defender,  Oki merupakan orangutan yang sangat soliter dan tidak mempunyai ketergantungan terhadap manusia ataupun orangutan lainnya, sehingga pada tanggal 16 September 2017 Oki dilepasliarkan. **KHA

Sumber :

Review Kandidat Orangutan Program Pelepasliaran  COP

Penulis : Ejak Dwi Kurniawan S.Ant. (Manager Pusat Rehabilitasi Orangtan COP Borneo)

%d blogger menyukai ini: