Hasil Survey Kepuasan Pelayanan B2P2EHD

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa dalam melakukan upaya perbaikan dan peningkatan salah satu tugas pokok dan fungsinya yakni melakukan pelayanan kepada publik, menyelenggarakan Survei Kepuasan Pelayanan Publik oleh B2P2EHD. Tujuan penyebaran survei ini adalah untuk memetakan kepuasan pengguna layanan publik yang dilakukan oleh B2P2EHD yang dinyatakan dengan indeks kepuasan pengguna layanan.

Teknik pengambilan data adalah dengan cara menyebarkan link alamat survei yakni http://bit.ly/SurveiKepuasanPelayananB2P2EHD. Alamat survei ini terbuka untuk umum dan pengguna layanan B2P2EHD.

 

HASIL SURVEY

Berdasarkan hasil survei, didapatkan sebanyak 46 responden dengan jenis kelamin Pria sebanyak 19 responden (41,3%) dan Wanita sebanyak 27 responden (58,7%), yang tersaji pada Gambar 1 berikut :

Gambar 1. Persentase responden survei berdasarkan jenis kelamin
Gambar 1. Persentase responden survei berdasarkan jenis kelamin

 

Pekerjaan responden yang mengikuti survei ini 58,7% adalah Mahasiswa (27 orang), 21,7% adalah ASN (10 orang), 15,2% adalah Pelajar (7 orang) dan sisanya adalah Pegawai Swasta 2,2% dan yang lainnya (tidak diketahui pekerjaannya) sebanyak 2,2%. Persentase pekerjaan responden survei dapat dilihat pada Gambar 2 berikut :

Gambar 2. Persentase responden survei  berdasarkan pekerjaan

 

Menurut tingkat kemudahan dalam mendapatkan informasi layanan B2P2EHD sebanyak 14 responden yang menjawab sangat mudah (30,4%) dan 32 responden lainnya menjawab mudah (69,6%), tidak ada responden yang menjawab sulit ataupun sangat sulit. Nilai indeks kepuasan pengguna layanan berdasarkan tingkat kemudahan dalam mendapatkan informasi layanan B2P2EHD adalah 3,3. Persentase responden mengenai tingkat kemudahan dalam mendapatkan informasi layanan B2P2EHD dapat dilihat pada Gambar 3 berikut :

Gambar 3. Persentase responden mengenai tingkat kemudahan dalam mendapatkan informasi layanan B2P2EHD

 

Menurut tingkat kelengkapan informasi pelayanan publik B2P2EHD sebanyak 7 (tujuh) responden (15,2%) yang menjawab lengkap, 38 responden menjawab lengkap (82,6%) dan 1 (satu) responden yang menjawab tidak lengkap. Nilai indeks kepuasan pengguna layanan berdasarkan kelengkapan informasi pelayanan publik B2P2EHD adalah 3,1. Persentase responden mengenai tingkat kelengkapan informasi pelayanan publik B2P2EHD dapat dilihat pada Gambar 4 berikut :

Gambar 4. Persentase responden berdasarkan tingkat kelengkapan informasi pelayanan publik B2P2EHD

 

Menurut tingkat profesionalisme petugas yang memberikan layanan atau pendampingan sebanyak 23 responden (48,9%) yang menjawab sangat baik, 21 responden (44,7%) yang menjawab baik, 2 (dua) responden (4,3%) yang menjawab cukup dan 1 (satu) responden yang menjawab kurang. Nilai indeks kepuasan pengguna layanan berdasarkan tingkat profesionalisme petugas yang memberikan layanan atau pendampingan adalah 3,4. Persentase responden mengenai tingkat profesionalisme petugas yang memberikan layanan atau pendamping-an seperti terlihat pada Gambar 5 berikut :

Gambar 5. Persentase responden berdasarkan tingkat profesionalisme petugas yang memberikan layanan atau pendampingan

 

Menurut tingkat kecepatan dan ketepatan layanan yang diberikan ada sebanyak 15 responden (31,9%) yang menjawab sangat baik, 29 responden (61,7%) yang menjawab baik, dan 3 (tiga) responden (6,4%) yang menjawab cukup. Nilai indeks kepuasan pengguna layanan berdasarkan tingkat kecepatan dan ketepatan layanan yang diberikan adalah 3,3. Persentase responden mengenai tingkat kecepatan dan ketepatan layanan yang diberikan dapat dilihat pada Gambar 6 berikut :

Gambar 6. Persentase responden menurut tingkat kecepatan dan ketepatan layanan yang diberikan

 

Berdasarkan tingkat keamanan dan kenyamanan dalam memberikan layanan ada sebanyak 22 responden (46,8%) yang menjawab sangat baik, 24 responden (51,1%) yang menjawab baik dan 1 (satu) responden yang menjawab cukup. Nilai indeks kepuasan pengguna layanan berdasarkan tingkat keamanan dan kenyamanan dalam memberikan layanan adalah 3,5. Persentase responden berdasarkan tingkat keamanan dan kenyamanan dalam memberikan layanan dapat dilihat pada Gambar 7 berikut :

Gambar 7. Persentase responden berdasarkan tingkat keamanan dan kenyamanan dalam memberikan layanan

 

Berdasarkan tingkat kelengkapan sarana dan prasarana dalam memberikan pelayanan terdapat 17 responden (36,2%) yang menjawab sangat baik, 27 responden (57,4%) yang menjawab baik dan 3 (tiga) responden (6,4%) yang menjawab cukup. Nilai indeks kepuasan pengguna layanan berdasarkan tingkat kelengkapan sarana dan prasarana dalam memberikan pelayanan adalah 3,3. Persentase responden berdasarkan tingkat kelengkapan sarana dan prasarana dalam memberikan layanan dapat dilihat pada Gambar 8 berikut :

Gambar 8. Persentase responden berdasarkan tingkat kelengkapan sarana dan prasarana dalam memberikan layanan

 

Menurut tingkat manfaat hasil litbang dan layanan B2 tingkat manfaat hasil litbang dan layanan B2P2EHD kepada publik P2EHD kepada publik terdapat 20 responden (42,6%) yang menjawab sangat baik, 25 responden (53,2%) yang menjawab baik dan 2 (dua) responden (4,3%) yang menjawab cukup. Nilai indeks kepuasan pengguna layanan berdasarkan tingkat manfaat hasil litbang dan layanan B2P2EHD kepada publik adalah 3,4. Persentase responden berdasarkan tingkat manfaat hasil litbang dan layanan B2P2EHD kepada publik dapat dilihat pada Gambar 9 berikut :

Gambar 9. Persentase responden berdasarkan tingkat manfaat hasil litbang dan layanan B2P2EHD kepada publik.

 

Menurut tingkat kualitas pelayanan yang diberikan B2P2EHD secara umum terdapat 17 responden (36,2%) yang menjawab sangat baik, 29 responden (61,7%) yang menjawab baik dan 1 (satu) responden yang menjawab cukup. Nilai indeks kepuasan pengguna layanan berdasarkan tingkat kualitas pelayanan yang diberikan B2P2EHD secara umum adalah 3,4. Persentase responden menurut tingkat kualitas pelayanan yang diberikan B2P2EHD secara umum terlihat seperti pada Gambar 10 berikut :

Gambar 10. Persentase responden menurut tingkat kualitas pelayanan yang diberikan B2P2EHD secara umum
Gambar 10. Persentase responden menurut tingkat kualitas pelayanan yang diberikan B2P2EHD secara umum

 

Berdasarkan peringkat pelayanan publik B2P2EHD secara keseluruhan terdapat 6 (enam) responden (12,8%) yang menjawab istimewa, 26 responden (55,3%) menjawab sangat bagus, 14 responden (29,8%) yang menjawab bagus, dan 1 (satu) responden (2,2%) yang menjawab cukup. Persentase responden berdasarkan peringkat pelayanan publik B2P2EHD secara keseluruhan dapat dilihat pada Gambar 11 berikut:

Gambar 11. Persentase responden berdasarkan peringkat pelayanan publik B2P2EHD secara keseluruhan

 

Berdasarkan preferensi untuk menggunakan kembali sarana layanan B2P2EHD terdapat 25 responden yang menjawab akan kembali menggunakan sarana layanan B2P2EHD dan 22 responden yang menjawab mungkin akan kembali menggunakan sarana layanan B2P2EHD.

Beberapa saran dan masukan yang didapatkan dari survei ini adalah kemudahan dalam mengakses database data primer dari kegiatan penelitian, meningkatkan sosialisasi dan promosi layanan di sosial media, dan beberapa perbaikan dan peningkatan pada sarana dan prasarana layanan

Secara keseluruhan didapatkan nilai rata-rata indeks kepuasan pengguna layanan B2P2EHD yaitu sebesar 3,4. Nilai ini belum sempurna sehingga masih banyak perbaikan untuk peningkatan pelayanan publik yang dilakukan oleh B2P2EHD dengan mempertimbangkan dan memperhatikan saran dan masukan dari pengguna layanan. (TU)